JAUHI HIPERTENSI DENGAN MEDITASI

Selain mengurangi tekanan psikologis, meditasi juga dapat mengurangi tekanan darah, bila rutin dilakukan selama minimal 20 menit sehari, temu Dr. Sanford I. Nidich, dari Maharishi Univercity of Management Research Institute, lowa, dan para koleganya.

Nidich dan timnya mengamati 298 mahasiswa sehat-penyandang dan non-penyandang hipertensi-yang dipilih secara acak. Mereka dipisahkan menjadi dua kelompok; satu kelompok menjalani pelatihan meditasi transcendental, sementara kelompok lainnya menjalani pelatihan oleh emosi.

Hasilnya kelompok yang menjalani meditasi mengalami penurunan tekanan darah, walau tidak terlalu significant. Sebaliknya kelompok kedua justru mengalami peningkatan tekanan darah. Tak hanya itu, kemampuan beradaptasi juga terlihat meningkatkan pada kelompok pertama.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: