ANCAMAN INSEKTISIDA

Pembasmi serangga memang membantu mengurangi penyebaran berbagai jenis penyakit, termasuk demam berdarah. Tetapi, di sisi lain, insektisida juga merupakan ancaman. Tiga penelitian berikut ini buktinya:

Tersangka Kelainan Otoimun

Berangkat dari kecurigaan kaitan antara paparan insektisida dengan kelainan otoimun, sekelompok periset yang dimotori Christine Park, epidemiologis di National Institute Of Environmental Health Sciences, memulai riset mereka. Benar saja, paparan insektisida rumahan pada perempuan terkait dengan kelainan otoimun, seperti rheumatoid arthritis dan lupus. Studi sebelumnya membuktikan pembunuh hama itu meningkatkan risiko rheumatoid arthritis dan lupus, hingga memicu kewaspadaan petani yang kerap terpapar pestisida. namun kini, ancaman itu meluas hingga menjangkau masyarakat urban yang kerap menggunakan pembunuh serangga di lingkungan rumahnya.

Tetapi, park tidak sependapat. Menurutnya kesimpulan timnya jangan dulu dipandang sebagai ancaman, karena tidak menunjukkan hubungan sebab akibat secara langsung, dan masih mungkin dipengaruhi factor lain walau ia mengakui dalam pertemuan tahunan American College Of Rheumatology, sulit untuk menemukan factor yang mungkin berkontribusi.

Penyebab Gangguan Pernapasan

Asumsi bahwa pestisida dapat menyebabkan gangguan pernapasan memang sudah lama berkembang. Buktinya kian bertambah, setelah Dr. Jane A. Hoppin dari National Institute Of Environmental Health Sciences In Research Triangle memaparkan temuan timnya dalam jurnal Occupational and Environmental Medicine edisi November 2009.

Meneliti lebih dari 57.000 aplikator pestisida terlisensi, Hoppin menemukan bahwa paparan pestisida dapat mempertinggi risiko rhinitis atau peradangan saluran napas.

Hoppin mengakui penelitiannya memiliki kelemahan yakni hanya menganalisis satu periode waktu, yakni setelah para responden terpapar pestisida.  Itulah sebabnya ia tidak bisa menyimpulkan apakah peradangan saluran napas terjadi setelah terpapar pestisida, atau sebaliknya.

Musuh Utama Bayi Laki-Laki

Hati-hati terpapar pembasmi serangga selama trimester pertama kehamilan dapat meningkatkan risiko cacat lahir jika bayi anda berjenis kelamin laki-laki.

Cacat lahir yang dimaksud adalah hypospadias, kelainan saluran uretra-saluran pembawa urin dari kandung kemih menuju pembukaan penis-yang memendek lebih cepat.

Sayangnya periset dari Barcelona dan London, dalam laporan yang tersaji pada jurnal Occupational and Environmental Medicine edisi Desember 2009, tidak menyebutkan jenis, kandungan dan frekuensi penggunaan obat pembasmi serangga yang diteliti secara spesifik.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: